Python Wrangling

Seraphine Amanda Honoris



Pertama-tama, saya melakukan command ls untuk mengetahui list atau daftar file-file apa saja yang saya punya. File ende.py bisa ada karena saya melakukan download pada link rujukan di description tersebut.

Untuk di tahap ini, saya mencoba mengikuti Hint 1 yang diberikan. Command wget adalah command untuk mendownload sebuah file dari internet. Lalu setelah didownload, muncul dengan nama file yang sama seperti cara sebelumnya.

Disini saya melakukan ls command kembali untuk mengoreksi apakah file ende.py sudah benar-benar terdownload.


Kemudian, saya melakukan wget command kembali untuk file flag.txt.en.

Di tahap ini, saya menggunakan arahan pada hint 2 dan menampilkan hal berikut. Tampilan ini menunjukkan manual page pada python yang berisi command-command yang sering digunakan. Pada tampilan ini, kita disuruh membaca terlebih dahulu untuk dapat melanjutkan ke tahap berikutnya dengan command lain.


Selanjutnya, kita menggunakan command -d, yaitu command untuk debug dengan mengambil file tertentu.

Debug = In general, debug refers to examining and removing errors from a program's source code. For example, a developer may debug a program to see where in the code an error occurs so it can be resolved or bypassed.

Artinya, dengan file flag.txt.en saya bisa menyelesaikan permasalahan pada file ende.py

Pada tahap selanjutnya, setelah di debug, kita bisa mengakses lebih dengan memasukkan password yang ada. Passwordnya bisa dilihat dari file yang diberikan pada description.



Disini ditemukannyalah flagnya yaitu

{t3mpl4t3s_4r3_m0r3_p0w3rful_th4n_u_th1nk!}


Thank you for reading!