WhitePages

Bill Elim & Jayson Adrian


Diberikan sebuah file yang isinya kelihatannya kosong semua. Tetapi ada beberapa kejanggalan, misalnya saat kita highlight di vscode.

Bisa dilihat ada beberapa yang tidak kena highlight, menandakan karakternya berbeda Saat di liat di xxd:

Bisa dilihat karakternya ternyata berbeda beda.

Dengan find and replace kita bisa menggantinya dulu menjadi sesuatu yang dapat terlihat

Saat di replace kita akan menyadari bahwa hanya terdapat 2 jenis spasi saja disini. Sehingga kita bisa secara intuitif menduga kalau ini adalah binary


Flag: picoCTF{not_all_spaces_are_created_equal_3e2423081df9adab2a9d96afda4cfad6}

Note: xxd bagi yang belum tahu adalah hex viewer, hal ini membuat karakter-karakter yang biasanya aneh untuk di print menjadi karakter yang dapat dibaca dengan cara di encode hex terlebih dahulu (hex nya di sebelah kiri, teks aslinya di sebelah kanan, kalau teksnya titik itu berarti karakternya tidak bisa di print) di xxd mungkin terlihat cukup aneh karena tidak hanya 2 karakter saja disitu, ada e2, 80, 83, dan 20. Untuk karakter spasi pada umumnya menggunakan 0x20, tetapi untuk karakter kosong satunya menggunakan 0xe28083, ya karakternya menggunakan unicode encoding sehingga valuenya melebih 1 byte (0xff). Meskipun di hex viewer outputnya agak bermasalah (karena hex viewer mengencode karakter per byte), tetapi saat dibaca di teks editor biasa maka akan ter-render dengan benar.


Thank you for reading!