WU4 - ohSINT

Rio Ferdinand, Satya Kusuma



Seperti biasa kita download dulu file yang diberikan. Setelah dibuka ternyata filenya merupakan gambar wallpaper WindowsXP.

TASK 1

Karena dari gambarnya sendiri tidak ditemukan clue... jadi kita coba masukkan ke dalam exiftool online (https://exif.tools/).

Wah ternyata disini ditemukan ada copyright dari OWoodflint, tapi kira-kira apaan ya itu? Coba kita langsung cari aja di google dan hasilnya didapatkan 3 website teratas berhubungan dengan nama OWoodflint.

*Sebenernya bawahnya juga berhubungan tapi dari THM jadi skip aja 🙂

Ok kita coba buka twitternya dulu.

Baru dibuka udah ada yang menarik nih, hal itu adalah BSSID. Tapi itu buat tujuan selanjutnya, task pertamanya itu nanyain apa avatar (profile picture) dari user, yak betul sekali kocheng abu (CAT).

TASK 2

Lanjut ke task 2 buat nyari lokasi, tapi sebelumnya...

Apasih BSSID?

BSSID atau Basic Service Set Identifier adalah MAC physical address disetiap access point yang terhubung ke wifi yang berguna untuk membedakan wifi walaupun SSIDnya sama.

Trus kalo SSID apa?

SSID atau Service Set Identifier adalah nama dari wifinya.

Nah karna udah nyari juga cara nemuin lokasi pake BSSID jadi langsung aja kita pake https://wigle.net.

Di wigle kita bisa masukin BSSIDnya dibagian kanan terus pencet filter dan bakalan keluar kayak gambar di bawah.

Kok kayak gini sih? Ga keluar lokasi BSSIDnya. Web aneh

Ga gitu ya guys, pas awalnya memang gini dan kita harus geser-geser sendiri buat nyari lokasi BSSIDnya. Untungnya lokasinya ga terlalu jauh dari si titik awal (San Francisco).

Keliatan kan itu yang buletan ungunya ada dimana, ya betul sekali kawan-kawan LONDON.

TASK 3

Nah di task ke 3, kita masih pake wigle nih, tinggal di zoom aja atau klik kiri. *Notes: kalo mau liat SSID harus login dulu 🙏

Kayak gambar di atas, keliatan tuh SSIDnya UNILEVER WIFI

TASK 4

Oke sekarang kita lanjut ke task 4 yang nanya emailnya owoodflint apa. Setelah otak atik twitternya ternyata no clue, jadi kita back ke search page sebelumnya dan kita buka githubnya.

Ouuuu emailnya tuh gan. [email protected]

TASK 5

Nemu dimana emailnya? Tentu saja GITHUB ya kawan-kawan

TASK 6

Abis jalan-jalan kemana si bang Wood? karna di github cuman gitu doang... kita back lagi ke search page dan buka web ke 3, blognya dia.


Dia bilang lagi di New York yowes (lagi jalan-jalan di New York dia guys)

TASK 7

Ketidaksengajaan yang sangat luar biasa duar ngeng. Keliatan ga tuh di gambar atas ada tulisan pennYDr0pper.! (aslinya warna putih dia jadi ga keliatan) Dicoba aja masukin ke THM dan boom solved.


Thank you for reading!